Thursday, May 9, 2019

Tate Modern - World’s Most Iconic Modern Art Gallery


Selain memiliki koleksi internasional karya seni modern dan kontemporer awal abad ke 20 dan abad ke 21, galeri ini adalah karya arsitektur bersejarah yang patut dikunjungi. 


Tate Modern adalah salah satu dari empat galeri Tate di Inggris, dan menyambut 5 juta pengunjung setiap tahunnya.

Untuk mencapainya kita bisa jalan kaki sekitar 12 menit dari St Paul’s Cathedral ke arah selatan - melintasi sungai Thames dengan berjalan via jembatan iconic Millenium BridgeMuseum seni nasional ini terletak di di bekas Power Station Bankside di tepi Sungai Thames. 

Di sisi selatan jembatan Millenium ini ini berlokasi Globe Theatre, Bankside Gallery dan Tate Modern, sedangkan di sisi utaranya terdapat City of London School dan St Paul’s Cathedral. Stasiun underground terdekat dari jembatan ini adalah Mansion House.

Jangan lupa ambil foto di Millenium Bridge dengan latar belakang kubah St Paul’s Cathedral ketika kamu sampai persis di tengah jembatan. So instagramable !

Hasil gambar untuk millennium bridge tate modern london pinterest
source: www.guidelondon.org.uk  The Tate Modern and the Millennium Bridge over the River Thames. Photo Credit: ©London & Partners.






Boiler House: Bangunan utama ini seperti kotak empat persegi panjang yang besar dengan tower ditengahnya menyerupai huruf T terbalik - hampir sama ukurannya dengan Westminster Abbey Dengan cerobong asap utama yang berdiri setinggi 99m, bangunan ini dikonversi dan dibuka untuk umum pada tahun 2000. Sampai di depan gedungnya kamu akan disambut oleh penampilan street artists, ada yang nyanyi atau kalau kamu lagi beruntung, bisa nonton performing solo theatre gratisan di plaza


The Switch House: Pada bulan Juni 2017, bangunan tambahan di sudut bangunan utama juga dibuka untuk umum. Setelah lama banyak ditunggu, ekstensi baru ini telah menambah ruang galeri sebesar 60%. Bentuknya seperti piramida yang diputar. Di halaman gedung ini bisa kamu dapati instalasi seni modern yang berganti ganti tiap beberapa periode.
Di lantai atas Switch House terdapat balkon dengan pemandangan spektakular ke cakrawala London dan dapat diakses secara gratis! Pemandangan kubah St Paul's Cathedral dari sini sungguh mengesankan.










Masih di kompleks ini, kamu harus masuk ke Turbine Hall yang tingginya 26m, ruang luas ini adalah tempat turbin pembangkit listrik berada. Sejak dibuka pada tahun 2000, lebih dari 60 juta pengunjung telah menikmati karya seni berskala besar di ruang Turbine Hall yang menakjubkan.

Tate-Modern-London-Turbine-Hall-Tuttle-Inexhibit-1
The Turbine Hall with Richard Tuttle’s installation “I Don’t Know. The Weave of Textile Language”, 2014. Photo © Inexhibit
Tate-Modern-London-Turbine-Hall-Inexhibit-1
The Turbine Hall gallery on the ground floor of the former Bankside Power Station building.  Photo © Inexhibit


Tate Modern dianggap sebuah institusi budaya yang paling signifikan setelah British Library di Euston Road. Tampilan luarnya aja sudah super stylish - tetapi untuk dapet wow experience” yang sesungguhnya, tentu kamu harus masuk ke dalam.


Di Turbine Hall yang memukau  kita bisa menikmati karya luar biasa seniman seperti Cézanne, Bonnard, Matisse, Picasso, Rothko, Dalí, Pollock, Warhol dan Bourgeois.
Untuk yang sangat gandrung dengan karya Warhol seperti saya, bisa memuaskan hasrat di sini lah pokoknya…


Fokus internasional galeri ini adalah koleksi lebih dari 800 karya seniman yang berasal dari lebih dari 50 negara. Mereka merespons “debat gender dengan cara yang jauh lebih proaktif daripada kebanyakan galeri seni, yaitu dengan cara menampilkan hasil karya seniman secara rata, dibagi 50-50 antara seniman pria dan wanita.



Di sini kamu bebas mengambil foto hampir di seluruh ruang utama galeri kecuali di ruangan-ruangan khusus pameran yang berbayar yaa...


Setelah satu atau dua jam melihat-lihat,  kamu bisa ngaso sejenak untuk makan siang atau sekedar menyeruput secangkir kopi di café atau restoran di lantai dasar.

Jangan lupa mampir di toko buku yang letaknya persis di samping cafe, selain buku kamu bisa beli T shirt, artwork, dan aneka souvenir di sini. Melengkapi kebahagiaan saya hari itu, mendapati bahwa kafenya juga ada smoking area lho 💖








Saya yakinkan kamu ya, kunjungan ke London tidak lengkap tanpa perjalanan ke Tate Modern !

Terimakasih sudah mampir, nantikan tulisan saya tentang obyek lain ya 😊

No comments:

Post a Comment